Tips Dan Trik Ternak Ikan Guppy Dengan Mudah

Ikan Guppy
Cara Ternak Ikan Guppy Dengan Mudah

Ikan guppy merupakan ikan yang mudah dalam hal perawatannya. Namun memiliki salah satu daya tarik pada bagian sirip ekornya yang indah dan enak dipandang. Beberapa penghobi aquascape, banyak juga yang menyarankan ikan ini untuk dipelihara.

Tips Ternak Ikan Gappy Dengan Mudah 

Selain ikannya berbentuk kecil dan memiliki ekor yang panjang layaknya ikan cupang. Ikan guppy memiliki daya tarik lain. Karena hewan ini bukan termasuk ke dalam hewan single tank dan sangat cocok untuk di tempatkan ke dalam aquarium dalam jumlah lebih dari 1 ekor.

Berikut ini adalah tips dan trik ternak ikan guppy dengan cara yang sangat mudah.

1. Pilihlah Indukan dan Jantan Yang Baik

Kamu dapat memilih calon indukan yang bagus dengan cara memiliki ciri-ciri bentuk badan yang bulat, warnanya tidak cerah dan terlihat kusam, dan lebih senang di posisi dasar aquarium ketika berenang.

Sedangkan untuk jantan kamu harus memilih warna yang terang atau cerah dan juga memiliki tubuh yang langsing dan ramping.

Supaya hasil ternak kamu maksimal, usahakan calon indukan sudah berusia minimal 4 bulan.

 2. Siapkan Wadah Untuk Ternak

Untuk ternak ikan guppy kamu tidak perlu menyiapakan tempat yang mewah, ikan ini juga dapat berkembang biak walau hanya sebatas tempat seperti ember saja. Setelah kamu memiliki wadah yang tepat untuk ternak. Jangan lupa untuk siapkan juga tanaman air seperti eceng gondok, apu-apu atau tanaman lainnya.

3. Pisahkan Induknya Dari Sang Jantan

Sebelum kamu melakukan pemijahan, jangan lupa pisahkan betina dari sang jantan di wadah yang terpisah. Kamu bisa menguras air tersebut selama 7 hari sekali dan cukup 1/3 volume air ya. Jangan lupa untuk memberinya makan pada ikan ini secukupnya saja.

4. Lakukan Pemisahan Pada Ikan Guppy

Di dalam proses pemijahan biasanya indukan lebih sedikit dibandingkan dengan jantan dengan perbadingan 1:5. Dalam 100 liter air kamu bisa memasukkan ikan guppy ini sebanyak 20 ekor indukan. Lamanya waktu proses ikan ini hingga lahirnya embrio adalah 3-4 minggu.

Jika kamu melihat ada indukan yang terlihat seperti sudah dibuahi, segeralah lakukan pemisahan dan masukkan pada wadah penetasan.

5. Lakukan Proses Pemisahan Pada Benih Ikan Guppy

Kamu dapat melakukan proses pemisahan pada ikan guppy dari induknya sekitar umur 3 hari. Berilah makan pada ikan guppy berupa kutu air, namun jika kutu air sulit didapatkan kamu bisa memberikan pelet yang berbentuk bubuk kepada burayak ikan ini.

Setelah usianya sudah cukup besar atau biasanya 20 hari. Kamu dapat memberikan cacing sutra ataupun pelet yang kami tawarkan disini mulai usia 3 hari sampai dewasa untuk ikan ini.

Fengli 0 Pelet Tenggelam Kemasan 500gr


Dibuat dari bahan udang terbaik, pelet ini sudah sangat rekomendasi untuk kalian yang ingin beternak ikan dengan cost pengeluaran yang murah. Sehingga harga produksi dapat diturunkan dan ilai jual pun meningkat. Klik disini untuk membeli.

Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Ternak Ikan Guppy Dengan Mudah"