Tips dan Trik Merawat Ball Python Dengan Mudah

Ball Python
Ball Python

Ball Python termasuk jenis ular yang tidak berbisa, ukurannya kecil, bersahabat. mudah dalam perawatanya, banyak warna dan popular di dunia. Ball Python pertama kali ditemukan di Afrika. Ular ini sangat bagus dikembangbiakan untuk wilayah tropis seperti Indonesia.

Ball Python termasuk keluarga Pythonidae mirip seperti sanca hanya saja bentuknya yang kecil. Ular ini tidak berbisa dan apabila ular ini terancam mereka akan menggulungkan tubuhnya seperti bola, oleh karena itu ular ini mendapat julukan sanca bola atau Ball Phython.

Ball Python termasuk jenis ular yang cukup mudah untuk dipelihara. Banyak dari beberapa pemahaman orang lain, mengenai ular itu berbahaya dan dapat mematikan yang punya. Tetapi tidak untuk jenis ular Ball Python ini.


Inilah Tips dan Trik Merawat Ball Python mudah

Yuk simak ulasan tips dan trik merawat ball python, semua ular kalian bisa bertambah besar dan bisa untuk mendapatkan penghasilan tambahan ya untuk kamu.

Mencari Ball Python DiPasaran

Ball Python Baby
Ball Python Baby

Untuk saat ini mencari Ball Python cukup mudah didapatkan. Pada umumnya mereka tersedia dibeberapa toko hewan peliharaan, pameran reptile di mall, langsung ke lokasi peternaknya, atau ada juga yang melalui toko online.

Jika kamu ingin membeli ular ball phython dipasaran, usahakan kamu membelinya dari peternaknya langsung, karena ular-ular yang kita dapatkan dalam kondisi sehat, terawat, bebas dari parasit, dan penyakit lainnya. Satu hal yang perlu diingat, bahwa dengan membeli ular di peternak kamu bisa mengetahui kapan ular tersebut lahir.

Panjang Ball Python

Ball Python Dewasa
Ball Python Dewasa

Ball Python baby umumnya  memiliki panjang sekitar 10 inci atau 25 cm. Dan saat mereka sudah tumbuh dewasa, betina dapat mencapai panjang hingga 1,5 meter. Serta jantan dapat tubuh hingga 120 cm. Ini adalah spesies dimana betina memiliki ukuran yang lebih besar.

Ball python dapat tumbuh maksimal hingga mencapai panjang 1,5 meter telah dianggap besar, namun panjangnya ular ini tidak dapat bertambah panjang hanya saja beratnya yang semakin gemuk.

Berapa Lama Umur Hidup Ball Python

Umur ball python terbilang cukup lama, dengan perawatan yang tepat seperti tidak berlebihan dalam hal memberi makan dan membersihkan kandang, hewan ini mampu mencapai usia 20 tahun atau bahkan lebih.

Kandang Ball Python Dan Aksesorisnya

Kandang Ball Python
Kandang Ball Python

Karena ukurannya ularnya tidak terlalu besar, maka kandang yang digunakan juga tidak tetalu menghabiskan lahan yang besar. tutup kandang ball python dapat kita buat sesederhana mungkin tentunya dengan design yang kita inginkan agar ular terlihat cantik. 

Ular ini tidak membutuhkan kandang yang besar atau rumit, cukup dengan panjang 36 inci, lebar 18 inci dan tinggi 12 inci akan lebih nyaman menampung bola python dewasa.

Kandang yang berbeda dan berfungsi dengan baik untuk ular piton, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, plastik sweaterboxes (mis. Rubbermaid), rak melamin dan salah satu kandang reptil jenis plastik yang tersedia secara komersial. 

Terarium dan tangki reptil kaca cukup untuk ular piton, tetapi penutup layar pada penutup semacam itu dapat membuat sangat sulit untuk mempertahankan tingkat kelembaban yang tepat.

Ada hal yang perlu di ingat, bahwa semakin banyak aksesoris yang di masukkan ke dalam kandang maka, semakin banyak pula aksesoris yang harus dibersihkan selama ular tersebut membuang kotoran. 

Bersihkan tempat kandang bola python kita seperlunya. Buang tinja dan urat sesegera mungkin. kita dapat menggunakan pembersih khusus agar lebih aman, seperti Penghilang Limbah Flukers Eco Clean. Aksesoris dalam kandang yang dapat membuat ball python bahagia adalah kotak persembunyian yang bagus. 

Setidaknya sediakan satu di setiap ujung kandang. Pot bunga yang terbuat dari tanah liat atau nampan pot bunga plastik dan kotak persembunyian yang tersedia secara komersil semuanya dapat bekerja dengan baik.

Ball Python Muda akan bekerja dengan baik di kandang kecil yang membuatnya merasa aman dan nyaman, karena seekor ular kecil berada disangkar yang besar dapat membuatnya kewalahan dan menjadi stress.

Cara Memberi Makanan Ke Ball Python


Makanan Ball Python
Makanan Ball Python

Memberi makan ball python anda hewan pengerat  atau tikus saja berukuran sesuai berat dari ular tesebut. Dengan waktu pemberian makan mingguan dengan benar, atau jika kamu membeli ular, tanyakanlah kepada owner sebelumnya mengenai makananya, jadi kamu tinggal meneruskan saja.

Jangan pernah memegang ular ball python anda setelah makan. Hal ini untuk menghindari terjadinya muntah kepada ular anda. 

Diamkan ular anda minimal 3 hari setelah anda memberinya makan. Proses 3 hari tersebut adalah proses dimana makanan ular sudah di proses 40% dan ular sudah membuang makanan yang tidak bisa dicerna seperti tulang dan kulit. Biasanya dilihat dari PUP yang berwarna putih.

Semua jenis ular termasuk Ball Python dapat diberikan tikus yang dalam kondisi hidup atau tikus yang sudah beku. semua jenis tikus hidup dan beku memiliki kelebihan masing-masing. Tikus yang hidup anda dapat memberikannya langsung kepada ular, akan tetapi jangan lupa tikusnya selalu diperhatikan ya, jangan sampai ular anda menjadi terluka akibat gigitan tikus yang melawan saat ular sedang memangsanya. 

Untuk tikus beku anda membutuhkan pinset untuk memegang tikus agar terlihat hidup saat diberi makan, jangan pernah menggunakan tangan langsung karena menghindari anda dari gigitan ular yang sedang lapar.

Saat Kondisi musim dingin atau hujan, ular lebih cenderung lambat dalam hal makan. Anda tidak perlu khawatir mengenai momen ini karena, hal ini sudah biasa terjadi untuk ular yang berukuran belum mencapai dewasa. Biasanya proses pencernaan ular menjadi terhambat. 

Namun tidak untuk ular Ball Python ketika sudah beranjak dewasa, ular saat musim dingin biasanya memasuki proses perkawinan. disinilah anda sudah siap dengan keberadaan jantan dan betina. Jika proses perkawinan itu tidak terjadi, biasanya ular jantan tidak akan mau makan sampai masa birahinya atau masa pembuangan sepermanya hilang. 

Jangan biarkan ini terjadi, karena dapat mengakibatkan kematian pada ular jantan. Dapat dilihat dari karakternya yang tiba-tiba menjadi galak saat dipegang.

Waktu makan ular Ball Python adalah 7 hari sampai 14 hari. Proses pemberian makan ular anda dapat dicatat dan timbang perbulan untuk mengecek ular anda dalam kondisi sehat atau tidak. 

Biasanya kami memberi makan setiap minggunya di hari minggu, hal itu karena pada hari minggu waktu dimana kami libur dan lebih mudah dalam mencari tikus.

Saat ini pemberian makanan ular tidak terlalu sulit, pelayanan seperti tikus putih depok sudah cukup mudah untuk kebutuhan pakan anda dan sudah tersedia di marketplace seperti tokopedia dan shopee. dari mulai tikus yang hidup sampai tikus beku tersedia juga di kami. 

Dari mulai Free ongkir sampai yang 1 hari langsung sampai juga ada. Mau yang sameday atau bahkan instan juga tersedia. Jadi kamu tidak perlu repot-repot dalam memberi pakan ular kesayangan anda saat ini. Klik Disini Promo tikus putih yang kami jual.

Jangan Lupa Sediakan Air Untuk Minum Ball Python

Tempat Minum Ball Python
Tempat Minum Ball Python

Selalu sediakan air bersih untuk minum atau sekedar menjaga kadar kelemban kandang ular Ball Python. Periksalah air di kandang ular anda setiap harinya, jika anda sibuk dapat di cek setiap 3 hari sekali. Hal ini untuk menghindari kondisi air di kandang yang tumpah karena ular anda bermain air dan ular anda sengaja buang air di tempat minum.

Pastikan tempat air minum di kandang ular anda selalu bersih, hal ini menghindari ular anda meminum air yang sudah tercemar akibat buang air di tempat minum. Karena jika ular anda membuang air di tempat minum lalu ular anda meminumnya dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang membahayakan ular anda sendiri.

Ketika momen penggantian kulit karakter ular cenderung lebih sering bermain dengan air untuk menjaga kelembaban dibadannya. Proses ini juga dapat menghindari gagalnya ganti kulit yang tidak sempurna akibat dari kurangnya kelembaban di kandang. Apabila tempat minum yang anda sediakan di kandang kecil, alangkah baiknya menggunakan sprei untuk menyemprotkan di badan ular.

Substrat Atau Alas Kandang Ular

Subtrat atau alas kandang ular adalah media untuk media ular membuang kotoran seperti, koran, cocopeat, kertas, kardus dan rumput sintetis adalah substrat yang baik untuk ular, selain itu harga yang ditawarkan juga relatif, tergantung kebutuhan anda. 

Setelah kandang ular dibersihkan jangan lupa siapkan tisu kering atau tisu toilet juga boleh dan disinfektan juga ya untuk memebersihkan kandang. Jika kamu ternyata tidak memiliki disinfektan, kamu dapat membersihkan dengan sabun. 

Tetapi sabunnya jangan kebanyakan ya, cukup sedikit saja sesuai jumlah kandang yang akan dibersihkan. Lalu kandang di keringkan, boleh menggunakan sinar matahari atau dengan lap kering.

Saran kami untuk substrat jangan menggunakan bahan yang mengandung minyak, karena minyak dapat menyebabkan kematian pada ular Ball Python anda. Serta jangan menggunakan pasir atau serutan kayu, karena keduanya cukup berbahaya untuk ular Ball Python anda.

Jangan MenJemur Dan Memandikan Ball Python Terlalu Sering

Perlu diketahui bahwa, jenis ular ada banyak sekali, dan setiap jenis ular perawatannya berbeda, seperti ular python pada umumnya harus di jemur oleh sinar matahari. Namun pada jenis ball python ini kalian tidak perlu repot-repot dalam hal menjemurnya.

Walaupun sinar matahari baik untuk semua binatang, akan tetapi perbedaan suhu yang terlalu ekstrim dapat menyebabkan ular ini mengalami sakit dan mudah stress. Jadi untuk kalian yang ingin memelihara ular ball python ini kami rekomendasikan untuk tidak menjemurnya.

Satu lagi yang perlu diingat bahwa, memandikan hewan memang baik apalagi saat ular kita sedang buang air besar atau kencing bukan. Saat kita ingin memegangnya ular ini harus tercium sangat wangi agar kita nyaman untuk mengajaknya bermain. 

Akan tetapi hal tersebut membuat ular menjadi mudah stress dan sakit. Kita bisa memandikan ular tersebut selama 1 bulan sekali atau ketika proses penggantian kulit saja.

Jadi itulah tips dan trik yang kami ketahui tentang ular Ball Python. Apabila kalian baru memiliki ular ataupun reptile lainnya bisa komentar di bawah ini.

Posting Komentar untuk "Tips dan Trik Merawat Ball Python Dengan Mudah"