Tips Merawat Burayak Ikan Cupang Tidak Mudah Mati

Tips Merawat Burayak Ikan Cupang Tidak Mudah Mati
Tips Merawat Burayak Ikan Cupang Tidak Mudah Mati


Membudidaya ikan cupang bukan hal yang mudah, sering kali kita menemukan masalah seperti burayak yang mendadak mengalami kematian. 

Setelah menetas menjadi momen penting bagi kamu yang sedang budidaya cupang dari penyebab burayak ikan cupang mati. 

Bagi para budidaya ikan ini alih-alih mau membuat burayak tumbuh besar, ehh ga Taunya burayak tersebut mati secara sedikit demi sedikit. 

Bahkan tidak jarang ditemukan burayak yang mati secara bersamaan di dalam satu tempat ikan itu menetas. Inilah tips merawat burayak ikan cupang supaya tidak mudah mati dan kamu merasa senang.

Penyebab Burayak Cupang Mati

Dalam merawat burayak cupang terkadang memang gampang-gampang sulit, meskipun kamu sudah merasa telaten sekali dalam merawatnya. 

Penyebab burayak cupang mati adalah biasanya kita suka menyepelekan wadah pemijahan, karena ikan cupang termasuk jenis ikan yang berukuran kecil. Kita terkadang suka menyepelekan hal ini, dengan memberikan wadah yang kecil. 

Selain itu juga banyak yang menyepelekan airnya. Ingat burayak itu juga termasuk ikan yang baru menetas. 

Saat kondisi dimana ikan baru menetas dalam jumlah yang banyak, kadar air yang terdapat dalam wadah juga menjadi jelek. Untuk itu kamu juga harus mengurasnya, sama seperti ikan cupang pada umumnya. 

Tips yang harus kamu lakukan adalah mengganti air selama masa pemijahan. Jangan lupa juga untuk berhati-hati saat melakukan pengurasan pada air di dalam wadah, karena burayak dapat terdorong keluar bersamaan dengan air yang akan kita ganti. 

Pada saat penggantian air, jangan lupa juga untuk menggunakan air yang sudah kamu endapkan di wadah lain. Serta jangan lupa juga untuk tidak memberikan makan secara berlebihan.

Penyebab Buarayak Hilang

Sulitnya membesarkan ikan cupang juga dipengaruhi oleh burayak yang tiba-tiba menghilang. Padahal kita sendiri sudah terlihat teliti saat merawatnya. 

Inilah factor utama dari penyebab burayak ikan cupang hilang adalah kondisi dimana jantan yang menjaga anaknya kurang diberi makanan. Karena alasan jangan memberi makan secara berlebihan membuat kita menjadi takut, berapa sih takaran sebenarnya saat memberi makan burayak ini sebenarnya. 

Sebenarnya untuk sebuah takaran memberi makan ikan pada kondisi masih kecil bukan hal yang mudah, kamu harus melihat dengan jelas sebenarnya jantan ikan tersebut sudah merasa kenyang atau belum.

Kapan Induk Jantan Dipisahkan Dari Burayak Cupang

Momen yang paling penting saat kita melakukan budidaya ikan cupang adalah memisahkan indukan dan jantan dari burayak. Sebelum kamu melakukan perkawinan ikan kamu juga harus menyeting kendang saat proses perkawinan. 

Kamu bisa menaruh daun di dalam wadah ikan saat mereka disatukan. Seperti eceng gondok, daun apu-apu bahkan sterofoam juga bisa. Proses ini memudahkan kamu saat memisahkan si indukan dari jantan saat proses pembuahan sudah selesai. 

Proses pembuahan ini dapat dilihat dari busa-busa yang dibuat jantan terlihat warna titik hitam di dalam busa-busa tersebut.

Cara Merawat Burayak Cupang Agar Tetap Hidup


Cara Merawat Burayak Cupang Agar Tetap Hidup
Cara Merawat Burayak Cupang Agar Tetap Hidup

Cara merawat burayak yang kamu budidayakan tetap hidup kamu harus melakukan hal berikut ini. Selama proses budidaya, kamu jangan memberikan makanan yang berlebihan dan makanan yang nyisa di dalam wadah. Memindahkan burayak cupang ke wadah pembesaran burayak ke dalam kolam atau ukuran yang lebih besar, biasanya proses ini kamu pindahkan pada usia 4 hari. Karena pada burayak usia 4 hari makanan yang terdapat di wadah pemijahan sudah tidak ada lagi makanan untuk burayak ini. 

Hal ini juga bertujuan untuk meminimalkan resiko yang ada dari burayak yang terkena penyakit atau parasite dari tempat sebelumnya. Ganti air secara rutin ya, setiap 3 – 4 hari sekali. 

Dengan catatan jika burayak tersebut sudah terlihat seperti ikan pada umumnya. Kasih makan burayak ini kuning telur, kutu air, microworm secukupnya.

Makanan Burayak Cupang Umur 2 Minggu

Momenen menunggu waktu 2 minggu saat budidaya ikan ini bukanlah waktu yang sangat cepat. Karena setelah 2 minggu kamu cukup lega memberi pilihan makanan pada burayak. Makanan burayak cupang umur 2 minggu kamu bisa memberi makanan seperti cacing sutra, cacing beku, kutu air, dan jentik nyamuk.

Burayak Cupang Diberi Pelet Bubuk


Feng-Li 0 500gr

Sulitnya mencari makanan saat banyak pengobi ikan melakukan budidaya ikan secara bersamaan, mengakibatkan sulitnya mencari makanan ikan seperti kutu air, cacing sutra dan lainnya. Pakan burayak cupang selain kutu air ini bisa menjadi alternatif kamu saat memberikan makanan pada burayak. 

Tidak hanya ikan cupang saja, ternyata makanan ini juga bisa untuk semua jenis burayak. Karena kandungan mengandung 41% protein yang baik untuk burayak anda. Burayak cupang diberi pelet bubuk udang dapat dipercaya membuat warna ikan cupang menjadi lebih cerah. Kami menjual makanan hewan berupa pelet merek Feng-Li. 

Karena memiliki keunggulan dan formula yang telah terbukti untuk budidaya semua jenis burayak semua jenis ikan air tawar, mengandung asam amino sehingga burayak dapat tumbuh dengan sehat dan cepat, daya tahan tubuh burayak menjadi lebih tinggi dan mengandung less water exchange karena kestabilan air sangat baik.

Spesifikasi nutrisi yang dihasilkan dari pelet Feng-Li juga baik karena mengandung Protein 41%, lemak 7%, serat 3%, kadar air 10%, Abu 13%, dan Kestabilan dalam air 90%. Jika kamu membutuhkan pelet bubuk ini kamu bisa klik linknya disini.

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Burayak Ikan Cupang Tidak Mudah Mati"