Tips Dan Merawat Kura Kura Darat Semi Akuatik Dan Air

  

Tips Dan Merawat Kura Kura Darat Semi Akutik Dan Air
Tips Dan Merawat Kura Kura Darat Semi Akuatik Dan Air


Kura-kura merupakan hewan reptile yang paling banyak penggemarnya dibandingkan dengan jenis reptile lainnya. Untuk kamu yang ingin memelihara kura kura berikut ini adalah tips dan merawat kura kura darat, semi akutik dan juga air. Supaya kamu dapat membedakan kura-kura jenis apa yang kamu miliki dan bagaimana cara merawatnya. 

Diulas sedikit informasinya terlebih dahulu untuk kalian yang belum mengetahui fakta tentang hewan yang satu ini. Kura-kura pada dasarnya merupakan hewan yang bersisik dan berkaki empat, hewan ini juga masih tergolong keluarga reptil.

Terdapat bagian pada hewan ini yang perlu diketahui juga, pada bagian cangkang atau batok yang menutupi hewan ini ada dua bagian. Bagian pertama berada di atas untuk menutupi bagian punggung hewan ini adalah karapas dan yang kedua pada bagian bawah di kenal dengan nama plastron.

Pada hewan ini juga perlu diingat, ternyata kura-kura di Indonesia terbagi menjadi tiga kelompok yang berbeda untuk kalian ketahui. Pertama pasti mengenal Penyu atau Sea Turtles, untuk jenis Penyu tergolong hewan yang dilindungi, jadi kamu jangan bandel ya untuk memelihara hewan yang satu ini. 

Kedua kamu mengenal dengan nama bulus atau Freshwater Turtles termasuk hewan yang hidup di air tawar dan terkenal dengan nama Turtles. Dan ketiga mengenal dengan nama kura-kura atau Tortoises, termasuk hewan yang hidup di darat, namun ada beberapa juga yang hidup di air. Simak informasi lebih jelasnya dibawah ini.

Ciri Ciri Kura Kura Darat (Tortoises) Dan Kura Kura Air (Turtle)


Ciri Ciri Kura Kura Darat (Tortoises) Dan Kura Kura Air (Turtle)

Ciri-Ciri kura-kura darat (Tortoises) dan kura-kura Air (Turtle)

Sebagai orang yang masih pemula saat mengenal hewan ini, kerap salah membedakan ciri ciri hewan ini jenis kura-kura darat (tortoises) dan juga kura-kura air (Turtle). Memang jika dilihat secara kasat mata kedua hewan ini sama saja. 

Tetapi ada perbedaan dari kedua jenis hewan ini yang perlu kamu ketahui. Tidak semua hewan Turtle bisa disebut dengan Tortoises, akan tetapi semua Tortoises bisa dibilang Turtle. Lalu apa saja ciri ciri dari hewan berdua ini supaya kamu tidak salah merawatnya.

Habitat Tortoises Dan Turtle

Sesuai dengan namanya habitat hewan ini berbeda, pada jenis Tortoises pasti mereka cenderung hidup di daratan, namun untuk beberapa hal kamu juga harus menyediakan tempat atau wadah kecil untuk kura-kura jenis ini berendam. 

Karena hewan jenis tortoises kerap suka berendam di dalam air, namun tidak untuk berenang ya. Turtle, pada jenis hewan ini lebih dominan hidup di air. Biasanya hewan ini hanya ke daratan hanya untuk menyimpan telur mereka saja.

Betuk Kakinya Berbeda

Coba kamu perhatikan bentuk kakinya deh, terlihat jelas perbedaan dari kedua hewan ini. Pada jenis tortoises kaki yang dimilikinya lebih tajam. Hal ini karena fungsi dari kaki tersebut adalah untuk memudahkan tortoises untuk berjalan saat berada di daratan. Namun berbeda dengan jenis turtle yang terlihat seperti sirip. Hal ini memudahkan turtle untuk berenang ketika berada di air.

Ketika Melakukan Pertahanan

Jika kamu perhatikan dengan jelas kedua hewan ini ketika melakukan pertahanan juga terlihat jelas loh. Pada jenis tortoises mampu untuk menyembunyikan kepala, kaki dan ekornya saat merasa terancam. Hal ini karena bentuk karapas tortoises memiliki struktur yang keras dan berbentuk seperti kubah untuk bersembunyi di dalamnya. 

Lain halnya dengan turtle ketika melakukan pertahanan, mereka tidak dapat bersembunyi dengan baik di dalam karapas. Hal ini dikarenakan jenis turtle memiliki karapas yang berbentuk datar dan menyulitkan mereka untuk masuk ke dalam karapas tersebut ketika merasa terancam.

Makanan Kura Kura

Makanan kura kura terbilang sangat mudah dijumpai oleh kita, bahkan untuk saat ini sudah banyak sekali kemasan makanan hewan ini yang beredar di pasaran. Untuk mengetahui apa saja makanan hewan ini yang cocok untuk jenis tortoises dan turtle. 

Makanan Tortoises sangat menyukai sayuran dan juga buah-buahan. Berbeda dengan jenis turtle biasanya makanan Turtle lebih menyukai ikan atau daging-daging dan tidak jarang juga ada yang menyukai makanan ikan dan tumbuhan juga.

Jenis Kura Kura Darat

Meskipun hanya memakan sayuran, namun jenis kura kura darat dapat memiliki ukuran tubuh yang besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Ada juga diantara mereka yang bisa mencapai berat badan hingga satuan kwintal loh. Harga kura kura ini terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Kura Kura Sulcata


Kura-Kura Sulcata

Entah kenapa hewan-hewan yang cukup banyak penggemarnya lebih dominan ke arah benua Afrika. Iya, kamu harus tau kalau kura kura Sulcata termasuk jenis tortoises yang berasal dari gurun pasir. Iklim yang tropis dan juga mirip-mirip dengan Negara Indonesia, membuat kita tidak kaget saat memeliharanya. 

Makanan kura kura Sulcata adalah seperti sawi, kangkung, buncis, bunga kembang sepatau dan kaktus cengtong. Bagi kamu yang ingin memelihara sulcata sebagai hewan peliharaan, harga kura kura sulcata berada di angka 1 jutaan untuk ukuran 5 cm. Namun bagi penghobi biasanya ada beberapa corak yang di perhatikan seperti jumlah pola yang terdapat pada karapas adalah kurang atau lebih dari 13 loh. 

Selain jumlah pola ternyata gambar kura kura tanpa titik atau biasa disebut dengan dotless juga memiliki harga kura kura sulcata yang berbeda. Selain bentuk dan warnanya yang memang cantik, tortoises jenis ini mampu tumbuh sangat besar.

Kura Kura Aldabra


Kura kura Aldabra
Kura-kura Aldabra

Siapa yang tidak tahu tortoise yang satu ini? Kura-kura Aldabra adalah jenis tortoise terbesar nomer 2 di dunia. Nama Aldabra pada tortoise ini diambil dari dimana dia ditemukan pertama kali yaitu di Atol Aldabra. 

Ciri-ciri aldabra ini adalah warnanya yang hitam serta bentuk karapasnya yang sangat kekar serta ukuran tubuhnya yang sangat besar membuat kamu ingin memilikinya. Harga kura kura aldabra saat ini ada di angka 25 jutaan untuk ukuran baby sekitar 9 cm. Tortoises jenis ini memang jika kita melihat harga kura kura aldabra terbilang sangat mahal. 

Tetapi kamu juga harus tau, untuk proses berkembang biak tortoise ini juga terbilang cukup lama. Apalagi jika kita membelinya dari baby 9 cm. 

Bisa-bisa kita bekerja sama dengan anak sendiri jika ingin membudidayakan kura kura aldabra ini. Makanan kura kura aldabra cukup mudah yaitu rumput, bunga kembang sepatu, kaktus centong, sayuran dan buah-buahan juga mereka suka.

Kura Kura Galapagos


Kura Kura Galapagos
Kura-kura Galapagos

Tidak enak rasanya jika kita bahas tortoise terbesar ke 2 di dunia, tetapi tidak membahas yang paling besar dari sebelumnya yaitu jatuh kepada Kura-kura Galapagos, karena jenis ini merupakan jenis tortoise tersebesar di dunia. 

Berdasarkan sumber yang kita dapatkan tortoise terbesar di dunia ini memiliki panjang 1.87 meter serta berat mencapai  417 kg, sedangkan umurnya mencapai 175 tahun. Kura-kura Galapagos ini memiliki bentuk tempurung yang berwana hitam, serta bagian tubuh lainnya seperti leher, kepala dan kakinya berwarna kea rah coklat-coklatan. 

Torto Galapagos termasuk ke dalam hewan yang di lindungi oleh dunia dan sangat dilarang jual kura kura secara bebas.

Kura Kura Emys


Kura Kura Emys
Kura-kura Emys

Dari tadi kita bahas torto dari luar terus, tanpa kita tau negeri kita ini kalau masalah reptile cukup terkenal di kalangan dunia. Salah satunya adalah kura-kura Emys atau biasa terkenal dengan torto kaki gajah, hewan ini juga terbesar di asia loh. 

Kamu harus bangga dengan hewan yang satu ini, karena penyebarannya di Indonesia ada di dua pulau Kalimantan dan Sumatra. Terbilang besar seasia karena hewan ini memiliki panjang tubuhnya mencapai 45 – 50cm dan beratnya 20kg. 

Makanan kura kura emys cukup mudah sekali untuk kita berikan yaitu daun talas, batang talas. Sawi, sayuran dan buah-buahan tentunya. Pantangan yang diberikan pada hampir semua torto darat adalah kol dan bayam ya.

Cara Merawat Kura Kura Darat

Cara merawat tortoies darat sebenarnya terbilang gampang-gampang susah, terasa gampang apabila kita ketemu masalah saat merawatnya, merasa susah ketika hanya dipikirin saja. Yang pertama kali kamu perhatikan adalah sebagai berikut:

Sediakan tempat yang cukup luas untuk torto kalian kalian, jangan terlalu sempit karena hewan ini senang sekali menjelajah. Jika kamu bingung masalah ukuran kami rekomendasikan ukuran 40 x 60 cm sudah cukup. Namun semakin besar tempatnya semakin baik.

Pastikan tersedianya lampu UVA dan UVB, pemberian lampu UVA dan UVB berguna untuk torto kalian supaya mendapatkan suplay pencahayaan yang cukup untuk pertembuhan mereka.

Jangan lupa di jemur ya, kebutuhan lampu UVA dan UVB memang baik untuk pertumbuhan torto kalian. Namun pencahayaan langsung dari sinar matahari saat pagi masih menjadi yang terbaik untuk pertumbuhan hewan kalian.

Pemberian alas kandang, pemberian alas kandang pada torto kalian sangatlah penting. Karena torto darat sangat direkomendasi untuk tempat yang kering dan bukan lembab.

Hindari penggunaan rumput sintetis ya, fungsi ini bertujuan agar torto kalian tidak makan rumput sintetis yang dianggap sebagai makanan.

Kasih makanan kura kura seperti sayuran, buah-buahan, kaktus centong, bunga kembang sepatu dan juga pelet khusus torto. Hindari makanan berupa bayam dan kol ya, karena dua sayuran ini tidak terlalu baik untuk pertumbuhan torto kalian.

Pemberian vitamin seminggu 2 – 3 kali saja, untuk pemberian vitamin ini hanya kepada torto kalian yang berukuran baby. Karena ukuran baby biasanya torto akan mudah terserang penyakit.

Sediakan hiding cave, selain berguna untuk kecantikan di dalam kandang, hiding cave juga berfungsi untuk tempat persembuanyian saat merasa cukup terkena sinar UVA dan UVB.

Jenis Kura Kura Semi Akuatik

Kura-kura semi akutik adalah jenis hewan yang paling aman untuk kalian yang baru, atau pertama kali memelihara hewan ini. Selain perawatannya yang sangat mudah, semi akuatik juga tidak mudah terserang penyakit dan yang lebih enaknya lagi, kita bisa langsung menaruh hewan ini di luar. Ada beberapa jenis kura-kura semi akuatik yang harus kamu ketahui diantaranya:

Kura Kura Brazil

Kura-kura Brazil

Julukan untuk Kura-kura brazil adalah hewan sejuta umat, bagaimana tidak hampir setiap orang yang pertama kali ingin memelihara torto senang dengan hewan ini. Senang dari perawatan dan juga harganya itu loh MURAH Sekali. Harga kura kura brazil di pasaran online maupun dating langsung ke toko ada di kisaran harga 20 ribuan sampai 30 ribuan saja. 

Benar-benar murah untuk hewan yang satu ini. Untuk makanan hewan ini adalah makanan ikan, makanan kucing, makanan anjing, buah-buahan, sayuran, ikan kecil, potongan udang, dan banyak lagi. Bagimana kamu tertarik meminang hewan yang satu ini? Jika iya, kamu harus baca pada bagian cara mengurusnya ya.

Kura Kura Ambon


Kura Kura Ambon
Kura-kura Ambon

Kura-kura Ambon merupakan salah satu hewan reptilia yang berasal dari Indonesia. Hewan ini juga merupakan jenis torto yang sangat mudah untuk dipelihara. Tidak kalah dari jenis sebelumnya si ambon ini minimperawatan. 

Torto jenis ambon ini termasuk ke dalam torto jenis semi akuatik ya, meskipun beberapa diantara mereka sering ditemukan di daratan. Jadi kamu harus memberikan tempat yang menyediakan air di dalamnya. Harga kura kura ambon ini sekitar 70 ribuan sampai 100 ribuan tergantung dari ukurannya. 

Makanan hewan ini terbilang cukup mudah karena dia termasuk jenis omnivora atau bisa dibilang apa saja masuk sama si ambon ini. Makanan hewan ini adalah jangkrik, udang, sayuran, buah-buahan, ikan, makanan ikan, makanan kucing, makanan anjing hingga tikus putih juga mau.

Kura Kura Daun


Kura Kura Daun
Kura-kura Daun

Jika kamu menyukai kura-kura dengan jenis yang sedikit berbeda dari jenis lainnya. Mungkin hewan ini kami rekomendasikan untuk kamu yang mau memelihara reptilian satu ini. Kura-kura daun memiliki keunikan pada bagian karapas yang berbentuk unik seperti daun yang sudah mati. 

Torto yang satu ini juga termasuk ke dalam jenis semi akutik karena membutuhkan air di dalam setingan kandangnya. Untuk harga kura kura daun ada di sekitar 70 ribuan sampai 100 ribuan tergantung dari ukuran hewannya.

Razorback Musk Turtle

Razorback Musk Turtle
Razorback Musk Turtle

Siapa bilang jenis semi akuatik itu selalu indetik dengan harga yang murah-murah. Ciri-ciri razorback musk turtle adalah yang paling imut menurut kami karena kura-kura ini memiliki kepala yang besar dan leher yang panjang, dipadukan dengan warna kulit yang lucu dengan warna abu-abu kecoklatan. 

Pada bagian mulutnya juga terlihat sangat lucu dengan bentuk yang lancip seperti paruh pada burung. Kemudian pada bagian punggung juga mempunyai bentuk karapas semacam duri, jika kita pegang terasa sedikit kasar. Makanan razorback musk turtle adalah cacing beku, ulat hongkong, siput, udang, ikan kecil dan serangga. Untuk harga kura kura razorback musk turtle ada disekitar 800 ribuan hingga jutaan rupiah.

Common Snapping Turtle (CST)


Common Snapping Turtle (CST)
Common Snapping Turtle (CST)

Siapa yang sangka jika Common Snapping Turtle adalah jenis kura-kura semi akuatik meskipun sebenarnya hewan jenis ini lebih senang berada di dalam air. Untuk harga kura kura Common Snaping 

Turtle saat ini sudah murah diangka 500 ribuan saja kamu sudah dapat memilikinya, tidak seperti pesaingnya AST yang masih nangkring di atas. Makanan CST usia baby cukup mudah kamu hanya memberinya cacing, udang yang dipotong-potong, ikan kecil, hingga jangkrik juga mau. Untuk hal makan hewan ini cukup rakus, sehingga kamu tidak perlu takut dalam hal makanan.

Alligator Snapping Turtle (AST)


Alligator Snapping Turtle (AST)
Alligator Snapping Turtle (AST)

Alligator Snapping Turtle termasuk hewan reptile purba yang masih bertahan hingga saat ini. Hewan satu ini memang cukup popular diantara pencinta reptile. Bentuknya yang seram dan ukurannya yang bisa besar dan historisnya yang panjang, membuat orang ingin memilikinya. 

Bentuk fisik dari alligator snapping turtle ini sangat mudah. Kamu bisa lihat pada bagian kepala yang mirip dengan buaya. Kemudian kamu bisa lihat pada bagian karapasnya juga terlihat seperti duri-duri yang tajam. Untuk ukuran hewan ini bisa mencapai 1 meter panjangnya dan beratnya mampu mencapai 90 kg. 

Makanan kura kura alligator snapping turtle lebih menyukai daging-dagingan seperti Ikan kecil, udang, kodok, bahkan sampai tikus putih. Turtle jenis ini memliki karakter yang temperamental ya, jadi kamu cukup hati-hati jika mau bermain dengan hewan satu ini. Harga kura kura alligator snapping turtle ada di angka jutaan rupiah.

Cara Mengurus Kura Kura Semi Akuatik


Cara Mengurus Kura-kura Semi Akuatik


Jenis kura-kura Semi Akuatik adalah istilah dimana hewan reptilian ini mengabiskan waktunya di dalam air. Jadi kamu diharuskan untuk menyeting kandang yang benar-benar terdapat air di dalamnya namun terdapat juga tempat untuk berpijak, seolah-olah tempat tersebut seperti daratan pada umumnya. 

Selain itu juga kamu harus membutuhkan lampu UV untuk membantu reptilian kamu berjemur. Hanya beberapa kura-kura jenis razorback musk turtle, Common Snapping Turtle, dan Aligator Snapping Turtle kami sangat merekomendasikan kandang seperti pada gambar di atas. 

Pada saat member makan pastikan untuk tidak ada makanan yang tersisa oleh hewan jenis turtle ini ya. Karena sisa dari makanan bisa menimbulkan beberapa penyakit yang diderita oleh hewan jenis turtle ini. Waktu pemberian makan lebih baik kamu berikan satu persatu hingga tidak ada bekas makanan yang tersisa.

Apabila kamu memiliki seperti brazil, ambon dan daun. Kamu hanya membutuhkan tempat yang sederhana dengan ukuran 30 x 40 sudah terasa cukup. Karena kura-kura brazil, ambon dan daun masih termasuk jenis torto, kamu tidak di rekomendasikan untuk mengisi air secara penuh hingga karapasnya tenggelam. 

Kamu menang harus menyeting kandang yang terlihat ada dua alam air dan darat. Tetapi kamu harus menaruh air di dalam kandang hanya sedikit saja sampai posisi mengenai karapasnya dan bukan sampai tenggelam. Pemberian bebatuan juga penting untuk hewan ini  pindah ke posisi daratan.

Jenis Kura Kura Air

Kura-kura air adalah jenis hewan yang hidup di air, tidak seperti hewan yang sudah kita bahas sebelumnya. Hewan ini sama dengan penyu, mampu ke daratan ketika menaruh telur saja. Cukup disayangkan bahwa rata-rata hewan ini sudah terancam kepunahannya. 

Jenis kura-kura ini memiliki ciri-ciri kaki yang menyerupai sirip dan juga karapas yang lunak. Mungkin dari kialian ada yang ingin mencoba membudidayakan hewan ini dari ancaman kepunahan. Berikut ini adalah jenis-jenis turtle yang harus kalian ketahui:

Kura kura Bulus


Kura-kura Bulus

Bulus atau biasa disebut dengan labi-labi ini memang hewan yang cukup cantik untuk dijadikan hewan peliharaan, termasuk ke dalam kelas reptilia ini memiliki ciri khas karapas yang lunak atau biasa disebut dengan softcell dan memiliki bentuk oval tanpa sisik. 

Hidung bulus juga terlihat unik karena menyerupai belalai. Bulus ini merupakan hewan yang hidup di air tawar. Warna karapas pada bulus terdapat dua warna yang beredar di pasaran, ada yang berwarna hitam sampai ke abu-abuan dan juga ada yang berwarna kuning atau biasa disebut dengan albino. 

Untuk dikalangan pencinta reptile biasanya bulus albino lebih disukai dibandingkan dengan bulus yang berwana hitam ke abu-abuan. Harga kura kura bulus ini ada dikasaran ratusan ribu untuk yang jenis albino. 

Makanan kura kura bulus ini adalah pelet ikan, udang yang dipotong kecil-kecil, sayuran dan juga buah-buahan. Bulus ini termasuk hewan jenis turtle ya, bukan tortoises. Jadi kamu jangan salah lagi ketika ada yang betanya masalah ini.

Kura Kura Monbi (Moncong Babi)


Kura-kura Monbi (Moncong Babi)
Kura-kura Monbi (Moncong Babi)

Monbi atau biasa disebut dengan moncong babi merupakan hewan asli Indonesia yang saat ini populasinya terus menurun. Tercatat hewan ini termasuk ke dalam appendix 2 atau di lindungi. Hewan ini memiliki karakter yang cukup friendly saat bersama dengan ikan lain. 

Memiliki ciri fisik bentuk karapas yang lembek atau softcell dan memiliki ciri khas dibagian hidung yang menyerupai dengan babi. Untuk makanan monbi ini sangat menyukai udang yang dipotong kecil-kecil, pelet ikan, jangkrik hingga buah-buahan juga suka. 

Alasan kenapa monbi merupakan hewan yang di lindungi, karena hewan ini cukup sulit untuk mendapatkan betina saat dibudidayakan. Beberapa Negara seperti Indonesia juga masih melakukan penelitian untuk mendapatkan betina.

Cara Memelihara Kura Kura Air

Cara memelihara kura-kura air gampang-gampang susah, karena kita harus menjaga kondisi air dan tidak menyebabkan penyakit. 

Untuk merawatnya kita hanya membutuhkan pompa air untuk menjaga air tetap bersih dan saat memberi makanan jangan berlebihan, karena ini juga sangat berpengaruh terhadap Ph air itu sendiri.

Jika kamu ingin memelihara hewan ini kamu cukup memberikan aquarium saja. Karena kamu bisa melihatnya setiap saat hewan ini berenang.

Setelah membaca artikel ini, kamu tidak salah lagi mengenai cara merawat kura-kura dengan benar ya. Serta beberapa jenis hewan ini terancam kepunahan jadi kamu diharapkan tidak jual kura kura yang jenisnya sudah diketahui di lindungi.

Posting Komentar untuk "Tips Dan Merawat Kura Kura Darat Semi Akuatik Dan Air"