Usia Muda Sudah Sakit Pinggang Kenali Penyebabnya

Penyebab Sakit Pinggang
Gejala Sakit Pinggang


Ada cukup banyak untuk mengenali penyebab gejala sakit pinggang, salah satu diantaranya adalah cedera pada otot pinggang karena aktivitas atau rutinitas tertentu. Nyeri pinggang merupakan kondisi pada semua orang dan tidak menutup kemungkinan di usia muda.


Rasa sakit yang diakibatkan oleh cederanya otot sendi di area pinggang. Salah satunya adalah akibat posisi tubuh yang salah, ketika mengangkat benda berat atau melakukan gerakan extream secara berulang.


Namun ada juga nyeri pada pinggang juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti terganggunya organ ginjal atau terdapat masalah pada tulang belakang.


Gejala Sakit Pinggang Yang Harus Kamu Ketahui


Pada penderita sakit pada bagian pinggang terdapat perbedaan pada setiap penderita rasakan. Hal ini tergantung dari penyebabnya akan mengalami beberapa hal yang dirasakan.


Berikut ini adalah gejala secara umum yang kamu rasakan ketika nyeri pada bagian pinggang.

  • Pinggang terasa kaku, pegal dan seperti ditusuk-tusuk.
  • Rasa nyeri yang kamu rasakan menjalar dari pinggang dan mengarah ke bokong hingga kaki.
  • Sangat sulit untuk bergerak dan berdiri saat posisi tegak, karena diakibatkan oleh rasa nyeri yang sangat pada bagian pinggang.
  • Rasa sakit yang dialami terasa lebih menyakitkan pada saat malam hari dan juga ketika posisi duduk yang terlalu lama.


Penyebab Rasa Sakit Pinggang


Penyebab dari rasa sakit pada bagian pinggang yang harus kamu ketahui adalah sebagai berikut.


Otot Tegang

sakit punggung
sumber: fahrenheit.co.id


Rutinitas yang berlebihan dapat membuat otot pada pinggang menjadi tegang. Gejala umum pada otot yang terasa tegang adalah rasa sakit yang diakibatkan pada pinggang di sebelah kiri ataupun kanan.


Meskipun demikian kamu tidak perlu merasa khawatir, karena gejala ini akan membaik setelah kamu melakukan istirahat yang cukup dan juga meminum obat jika diperlukan.


Batu Ginjal


Sakit pada pinggang yang kamu rasakan pada posisi sebelah kanan, tidak dapat menutup kemungkinan menjadi salah satu factor dari salah satu gejala batu ginjal.


Penyakit ini dapat disebabkan oleh suatu zat yang keras dan menyerupai Kristal ataupun batu yang berasal dari sisa limbah di dalam darah yang berada di dalam ginjal kita.


Batu tersebut semakin lama menghambat aliran urine dan dapat menyebabkan nyeri pada bagian punggung.


Saluran Kemih Terdapat Infeksi


Infeksi pada saluran kemih kamu yang menderita akan sakit saat membuang air kecil. Selain itu, kamu merasa ingin membuang air kecil secara terus-menerus dan disertai dengan darah di dalam urine yang keluar.


Cedera Fisik


Kerusakan pada otot dan tulang di sekitar pinggang juga dapat menyebabkan rasa sakit yang amat terasa sakit pada bagian punggung.


Keluhan ini umunya dapat dirasakan pada saat terjadi suatu insiden atau kecelakaan seperti, patah tulang panggul ataupun sekitar punggung mengalami kerusakan.


Saraf Terjepit


Saraf terjepit yang terjadi pada bagian tulang belakang di bagian bawah ataupun di bagian pinggang bagian belakang antara punggung dan juga bokong dapat menyebabkan nyeri pada bagian punggung.


Kondisi seperti ini biasanya dapat disebabkan oleh proses penuaan, dimana pada kondisi ini tulang belakang cenderung lebih rapuh dan lebih berisiko mengalami saraf terjepit.


Namun, pekerjaan mengangkat benda yang berat juga dapat menjadi factor kamu dapat mengalami nyeri pada bagian pinggang.


Gangguan Pada Bagian Ginjal


Karena posisi ginjal sangat berdekatan dengan posisi ginjal, gangguan pada ginjal seperti batu ginjal ataupun infeksi pada ginjal kamu juga dapat menyebabkan nyeri pada bagian ginjal.


Sakit yang kamu rasakan sangat mengganggu organ ini bisa dirasakan antara tulang rusuk terbawah hingga panggul.


Skiatika


Skiatika adalah rasa nyeri yang dirasakan pada bagian bawah punggung dan dapat menjalar ke pinggul, bokong, hingga jari kaki.


Secara umum ciri-ciri dari skiatika adalah timbulnya kesemutan disertai dengan rasa nyeri yang hebat yang menjalar dari bagian punggung hingga ke bagian kaki.


Penyakit ini juga menjadi factor yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian kiri atau kanan pinggang.


Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui saat terjadi sakit pada bagian pinggang. Penyakit pinggang tidak memungkinkan kamu harus berusia tua baru sakit.


Jaga terus kesehatan kamu, jangan lupa minum air mineral 2.7 liter untuk perempuan dan juga 3.7 liter untuk laki-laki. Untuk mengurangi resiko terjadinya sakit pada bagian pinggang.

Posting Komentar untuk "Usia Muda Sudah Sakit Pinggang Kenali Penyebabnya"