5 Jenis Kadal Lucu Dan Menggemaskan Di Dunia

Kadal Lucu dan Populer Wallpaper
Macam Kadal Lucu dan Populer

Kadal adalah kelompok reptile bersisik dan berkaki empat, tersebar sangat luas hingga ke seluruh dunia. Secara ilmiah, hewan ini dikenal sebagai Subordo atau Lacertilia dan masih anggota dari bangsa reptile bersisik seperti ular.

Ciri fisik hewan reptil satu ini umumnya memiliki empat kaki, lubang telinga luar, memiliki kelopak mata, kecil, bersisik, padat, dan hidup di tanah. Namun ada juga yang berukuran besar serta tidak memiliki ciri-ciri fisik yang sudah disebutkan.

Kadal Berkembang Biak Dan Makanannya

Kadal berkembang biak dengan cara bertelur atau biasa disebutkan dengan Ovipar. Telur hewan ini terdiri dari beberapa lapisan luar seperti cangkang yang bersifat lunak dan juga kedap terhadap air.

Kemudian pada dinding dalam telur berupa selaput, serta zat putih-kuning telur, yang akan berubah menjadi reptilian baru setelah proses inkubasi.

Kadal makan apa? Hewan ini termasuk reptilian omnivore atau makan segalanya. Makanan hewan ini meliputi serangga misalnya nyamuk, belalang, larva, cacing, kodok, ular, ayam, tikus, rusa, babi hutan, kambing, dan juga sesama reptil.

Berikut ini adalah 5 jenis-jenis dari hewan reptil berkaki yang lucu dan menggemaskan terkenal di Dunia.

1. Kadal Panana

Panana biasa di kenal dengan blue tongue skink, karena ciri khasnya dari lidahnya yang berwarna biru gelap. Sangat cocok untuk dipelihara untuk pemula.

Panjang panana dapat mencapai 35cm dan juga dapat dikategorikan sebagai hewan pemakan segalanya.

Panana terdapat di Indonesia khususnya pulau Maluku, Papua dan Australia.

Kadal Panana
Panana

2. Kadal Gurun

Kadal gurun atau sebagian orang menyebutnya dengan bearded dragon adalah hewan yang mudah untuk dirawatnya.

Untuk panjang bearded dragon bisa mencapai 35cm dan juga tergolong ke dalam hewan omnivore (pemakan segalanya).

Bearded dragon ini berasal dari Australia dan sudah banyak peternak dari Indonesia yang sudah berhasil membudidayakan hewan ini.

Bearded Dragon Kadal Gurun
Bearded Dragon

3. Kadal Terbang

Kadal terbang atau nama ilmiahnya adalah Draco Volans. Akan tetapi hewan ini memiliki banyak sekali julukan nama. Dari setiap daerah di Indonesia memiliki nama-nama yang berbeda juga.

Sebagai contoh untuk masyarakat Jakarta biasa menyebutnya dengan nama cekibar, untuk masyarakat Jawa biasa menyebutnya klarap dan untuk masyarakat Sunda Menyebutnya dengan mana hap-hap.

Ciri-ciri paling jelas terlihat pada draco ini yaitu dibagian kaki depan hingga belakangnya terdapat sayap untuk terbang.

Cara terbang hewan ini berbeda dengan burung ya, fungsi sayap pada draco adalah untuk melompat atau melayang dari suatu pohon ke pohon yang lainnya.

kadal terbang Draco Volans
Draco Volans

4. Kadal Air

Kadal air atau biasa disebut dengan Salamander Axolotl merupakan hewan sejenis reptile bukan ikan.  

Hewan imut dan lucu ini memiliki nama ilmiah Ambystoma Mexicanum. Axolotl sangat cocok untuk kamu yang suka dengan aquascape, dimana tempat tersebut diberikan pasir-pasir dan pepohonan untuk bersembunyi.

Makanan utama dari Axolotl adalah cacing sutra atau cacing beku. Namun jika kamu ingin memberikan variasi makanan kamu dapat menggunakan pelet ikan atau pelet khusus axolotl ini.

Axolotl
Axolotl

5. Kadal Monster Gila

Kadal gila monster adalah kadal yang berukuran besar di Amerika dan memiliki nama latin Heloderma Suspum adalah spesies hewan berbisa.

Nama gila sendiri diambil dari tempat ditemukannya hewan ini yaitu di lembah sungai gila di Negara bagian New Mexico dan Arizona.

Hewan ini dapat mencapai ukuran 60cm untuk panjangnya dan berat tubuhnya mencapai 2.3 kg. Meskipun hewan ini berbisa namun pergeraknya sangat lambat sehingga manusia dapat menghindari dari ancaman hewan ini.

Heloderma Suspum kadal monster gila
Heloderma Suspum

Posting Komentar untuk "5 Jenis Kadal Lucu Dan Menggemaskan Di Dunia"