Tips Dan Cara Ternak Tikus Putih Untuk Pemula Mudah

Tips Dan Cara Ternak Tikus Putih Untuk Pemula Mudah
Tips Dan Cara Ternak Tikus Putih Untuk Pemula Mudah


Tikus putih merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak manfaat untuk manusia, di dalam dunia medis maupun gaya hidup seseorang. Ternak tikus putih saat masih pemula memang memerlukan ketekunan yang tinggi. Supaya mudah saat ternak tikus putih, kamu harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan serta gizi dari tikus itu sendiri. Jika kamu berhasil hewan ini menjadi salah satu hewan yang mampu mendatangkan keuntungan jika kamu ternak.

Tips Dan Cara Ternak Tikus Putih Untuk Pemula

Tips dan cara ternak tikus putih sebenarnya tidak terlalu sulit loh, bahkan untuk pemula sekalipun. Kamu hanya membutuhkan sedikit informasi berikut ini saja.

Tips Memilih Indukan

Pada dasarnya indukan yang baik adalah indukan yang berusia 8 minggu. Kamu harus mengetahui sedikit bahwa tikus berkembang biak dengan cara melahirkan, untuk itu usia 6 minggu adalah usia minimum kamu ternakkan. Namun pada jenis hewan mamalia, usia 12 minggu adalah waktu yang paling baik untuk kamu mulai ternakkan. Hindari penggunaan calon indukan yang berumur lebih dari 12 bulan. Karena usia segitu pada tikus sudah memasuki usia menopause. Namun berbeda dengan jantan, semakin pengalaman semakin baik.

Perhatikan Tempat Lokasi Ternak Tikus Putih

Untuk ternak tikus ini sebenarnya tidak membutuhkan tempat khusus, dimana saja kamu bisa melakukannya. Saat melakukan ternak tikus kamu bisa melakukanya di teras rumah atau di dalam ruangan, asalkan lokasi tersebut aman dari gangguan kucing atau predator lain yang mengganggu. Idealnya saat melakukan ternak kamu membutuhkan tempat yang berukuran 3 meter x 4 meter.

Wadah Ternak Tikus Putih

Ukuran wadah ternak yang dapat kamu gunakan adalah plastic box berukuran lebar 30cm panjang 40cm dan tinggi 13cm sudah cukup. Supaya lebih efisien, kamu dapat menggunakan rak agar plastic box tersebut dapat disusun bertingkat, sehingga kamu dapat memeliharanya dalam jumlah yang banyak di dalam satu ruangan.

Makanan Tikus Putih

MAKANAN TIKUS PUTIH MENCIT HAMSTER
MAKANAN TIKUS PUTIH MENCIT HAMSTER


Tikus merupakan hewan pengerat, umumnya tikus di habitat aslinya merupakan hewan yang mampu untuk makan apa saja. Namun disini kamu harus sedikit membedakan kualitas tikus yang baik untuk di ternak. Umumnya ternak tikus putih harus melalui proses penggemukan agar tikus terlihat lebih berisi dan juga tidak menyebabkan kematian di tengah jalan.

Tikus putih yang di ternak umumnya diberikan makanan atau pelet khusus yang sudah diracik. Untuk kebutuhan gizi dari tikus itu sendiri. Kami menawarkan salah satu produk makanan tikus putih yang sudah di formulasikan dengan kebutuhan hewan pengerat dengan harga yang sangat murah dengan kemasan 500gr. Dengan komposisi sebagai berikut, Dedak, Tepung ikan, Kedelai, Tepung daging dan tulang, Jagung, Pecahan gandum, Kacang tanah, Vitamin, Kalsium, Fosfat, dan Mineral Komposisi tersebut merupakan hal yang paling penting untuk kebutuhan hewan pengerat saat proses ternak. Kamu dapat membelinya disini.

Tempat Minum

Hal yang cukup penting untuk mengetahui cara ternak tikus putih adalah dengan memberikan air minum pada tikus. Air minum disini kamu dapat membelinya di pet shop ataupun kamu bisa sedikit kreatif dengan botol minum bekas. Pada botol minum bekas kamu dapat memodifikasinya di bagian tutup untuk tikus mudah dalam meminum air.

Sarana Pendukung Lainnya

Sarana pendukung yang harus kamu siapkan adalah serbuk kayu. Serbuk kayu ini menjadi alas media untuk tikus buang kotoran. Dan kamu dapat membersihkan media alas ini minimal 3 hari sekali agar tidak baud an juga kotor. Kamu juga harus menyedikan kawat jaring sebagai tutup, agar tikus tidak mudah lepas di dalam box plastic yang sudah kamu miliki.

Itulah beberapa tips dan cara ternak tikus putih untuk pemula yang harus kalian ketahui. Jika kalian ingin mengetahui hal seputar tikus putih. Dari mulai jenis, ukuran dan juga galur yang ada pada tikus putih tinggal klik link disini.

Posting Komentar untuk "Tips Dan Cara Ternak Tikus Putih Untuk Pemula Mudah"