10 Cara Merawat Ikan Cupang Supaya Warnanya Cantik, Sehat, Dan Bernilai Jual Tinggi

Siapa yang belum tau ikan cupang? Pasti sahabat waktu kecil pernah memelihara ikan cupang bukan. Ikannya yang cantik, sering diadakan kontes ikan cupang dan juga nilai jualnya yang cukup menjajikan. Tentu hewan seperti ikan cupang ini kerap dijadikan hewan peliharaan untuk kalian yang sedang mencari atau ingin berinvestasi ikan cupang ini.

Cara Merawat Ikan Cupang

Cara merawat ikan cupang ini terasa cukup sulit apabila sahabat tidak tau cara merawatnya bukan? Nah disini kami akan membahasnya tuntantas 10 cara merawat ikan cupang supaya warnanya cantik, sehat dan juga bernilai jual yang tinggi. Yuk simak informasinya.


1. Pilihlah Soliter Aquarium Yang Tepat



Ikan cupang dapat hidup di dalam aquarium berukuran apa saja, namun lebih baik memeliharanya dalam wadah yang tidak terlalu besar. Seperti, berdiameter 20 x 15 x 15 cm. Kamu juga dapat menambahkan batu-batu kecil atau tanaman palsu supaya terlihat lebih indah.


2. Jaga Kondisi Air Untuk Ikan Cupang


Ikan Cupang termasuk salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Oleh karena itu, kamu hanya perlu menyediakan air sumur untuk menjadi habitat di mana ikan pilihanmu tersebut akan hidup. Jika memang sedang tidak ada air sumur, kamu bisa mengganti airnya dengan air lainnya yang tidak mengandung kaporit seperti air minum isi ulang. Saran yang bisa kamu lakukan untuk membuat cupang menjadi lebih nyaman untuk hidup adalah dengan mendiamkan air untuk cupang tersebut di dalam sebuah ember.



3. Perhatikan Volume Airnya


Apabila kamu menggunakan wadah ikan cupang tanpa penutup, sebaiknya isilah air sekitar 40% saja. Supaya menghindari ikan cupang tidak melompat keluar.


4. Bersihkan Soliter Ikan Cupang



Perawatan ikan cupang harus dilakukan dengan hati-hati agar mereka tidak mati. Membersihkan soliter ikan cupang juga perlu untuk menghilangkan jamur pada kaca atau wadah. Selain itu, jangan ganti air secara drastis. Lebih baik campur air lama dengan yang baru. Hal tersebut akan mempermudah ikan cupang dalam menyesuaikan diri dengan air tersebut.


5. Mengganti Air Ikan Cupang


Mengganti air ikan cupang tidak disarankan setiap hari, sangat disarankan untuk mengganti air ikan cupang minimal selama 3 hari sekali.


6. Jemur Ikan Cupang


Cara supaya ikan cupang terlihat warnanya adalah dengan menjemur sekitar jam 7 pagi sampai jam 9 pagi selama 15 menit, jangan terlalu lama karena mengakibatkan ikan menjadi mudah stress.



7. Pilihlah Makanan Yang Tepat


Makanan yang baik untuk ikan cupang adalah sebagai berikut:


  • Kutu Air
  • Cacing Sutra
  • Jentik Nyamuk
  • Udang

Pemberian udang dapat dipercaya membuat warna ikan cupang jadi lebih cerah dan tajam. Udang yang digunakan biasanya udang kering yang dijual atau menggunakan udang hidup kecil.



Keunggulan Feng-Li:

  • Formula pakan telah terbukti pada udang budidaya dan burayak segala jenis ikan air tawar.
  • Mengandung asam amino esensial sehingga udang dan burayak ikan tumbuh lebih sehat dan cepat.
  • Daya tahan udang dan burayak ikan lebih baik dengan survival rate yang tinggi.
  • Mendukung pengelolaan less water exchange karena dengan Feng-Li tingkat kestabilan air baik.
Spesifikasi & Nutrisi Feng Li

Butiran : 0.4 - 0.7 mm

Protein 41% (min)

Lemak 7% (min)

Serat 3% (max)

Abu 13% (max)

Kadar Air 10% (max)

Kestabilan Dalam Air 90% (min)


8. Kasih Daun Ketapang


Daun ketapang dipercaya dapat membuat PH air menjadi lebih baik. Namun disini daun ketapang diendapkannya bersama dengan air di dalam wadah atau ember, tidak direkomendasikan bersama dengan ikan cupangnya.



9. Garam Ikan


Garam ikan hias berfungsi sebagai penyeimbang osmosis di dalam tubuh ikan hias cupang. Pemberian garam juga bisa membantu penyembuhan luka dan menstabilkan tubuh ikan hias cupang akibat metabolisme tubuhnya yang tidak bekerja dengan benar. Cara pemberian garam pada ikan cupang adalah 0,1 persen dari air atau setara dengan 10 gram garam yang berisi 1 liter air.


10. Siapkan Pasangannya



Saat kamu sudah memelihara ikan cupang dengan sungguh-sungguh dan bertumbuh besar, sudah saatnya bagi kamu mencari pasangannya.

Posting Komentar untuk "10 Cara Merawat Ikan Cupang Supaya Warnanya Cantik, Sehat, Dan Bernilai Jual Tinggi"