Lakukan Hal-Hal Ini Supaya Tempat Tinggal Anda Terhindar Dari Tikus

 Tikus Putih Depok - Tikus merupakan masalah tersendiri bagi setiap orang yang tinggal rumah. Terkadang rumah yang bersih saja suka kedatangan tikus, apalagi rumah anda yang terlihat kotor. Pastinya tidak jarang ada beberapa tikus yang berkeliaran di rumah bukan?

Ada beberapa poin yang menurut saya paling menyebalkan adalah, ketika tikus ini mencari makanan hingga mengacak-ngacak tempat sampah di dapur hingga masuk-masuk ke dalam sela-sela mobil untuk bersembunyi. Lebih lagi saat tikus tersebut buang kotoran sembarangan sampai menggrogoti kabel-kabel yang ada di dalam mobil.

Pastinya anda menanggung kerugian yang cukup besar. Efek dari kotoran-kotoran tikus juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap, sehingga beberapa sumber penyakit menghantui anda.

Baca Juga: Perbedaan Tikus Got Dengan Tikus Loteng

Mengutip Healthline terpercaya mengenai tikus, ternyata tikus masuk ke rumah untuk mencari makanan, kehangatan serta tempat berlindung bagi tikus itu sendiri. Numun disini anda perlu ketahui bahwa, tikus ini mampu berproduksi sangat cepat.


Langkah apa saja yang harus dilakukan agar tikus tidak sampai masuk ke dalam rumah? Berikut ini adalah cara ampuh mengusir tikus dari beberapa sumber.

1. Jangan Buang Limbah Makanan

Dari dulu orang tua kita selalu menyampaikan pesan, "jangan buang-buang makanan! kasihan petani! nunggu 100 hari supaya jadi padi yang siap panen". Makanan juga tidak boleh dibiarkan terbuka, karena dapat mendatangkan tikus, ingat mereka binatang berkoloni. Itulah sebabnya, penting untuk memiliki wadah untuk menempati makanan ringan, makanan berat serta bumbu-bumbu dapur.

Baca Juga: Perbedaan Tikus Dengan Mencit

2. Cari Dari Mana Datangnya Tikus

Sebelum anda memasang jebakan atau meracun tikus alangkah baiknya anda mencari celah-celah dari mana sebetulnya tikus bisa masuk ke dalam rumah. Hal ini karena sifat tikus yang pintar, biasanya mereka hanya melewati tempat-tempat yang menurut si tikus ini nyaman. Jika perlu cari dimanakah sebetulnya tikus tersebut tinggal dan bersarang.

3. Pelihara Kucing Kampung

Jika anggota keluarga anda tidak ada yang alergi terhadap bulu kucing, ini adalah cara yang paling efektif untuk meminimalkan datangnya tikus ke dalam rumah anda. Karena sifat kucing kampung mampu melawan datangnya tikus dan daya tahan tubuhnya cukup kuat dibandingkan dengan kucing-kucing peliharaan.

4. Pakai Essential oil

Aromanya yang cukup kuat, ternyata essential oil ini mampu melawan tikus hingga tidak mau datang ke rumah anda. Essential oil dengan aroma peppermint atau cengkeh ternyata bisa mengusir tikus. Teteskan essential oil pada kapas dan letakkan di area yang menarik perhatian tikus, seperti laci, lemari, dan pintu masuk rumah.

Baca Juga: Kenapa Tim Medis Masih Menggunakan Tikus Putih Untuk Penelitian

5. Steel Wool

Steel wool adalah serat besi yang biasa digunakan oleh tukang. Namun steel wool bisa Bunda gunakan untuk menutup celah masuk tikus masuk ke dalam rumah. Dengan teksturnya yang tebal, tikus akan sulit menggerogotinya.


6. Rapikan Semak Dan Rumput

Semak dan rumput yang tinggi memudahkan tikus dan serangga masuk ke dalam rumah.

7. Masukkan makanan ke wadah kedap udara

Makanan yang dibiarkan terbuka tentunya akan menarik tikus untuk datang. Itulah sebabnya penting untuk menaruh sereal atau berbagai bumbu dapur dan makanan di dapur ke dalam wadah kedap udara.

Created by Satrio Wicaksono

Posting Komentar untuk "Lakukan Hal-Hal Ini Supaya Tempat Tinggal Anda Terhindar Dari Tikus "