6 Jenis Burung Hantu Banyak Dipelihara Di Indonesia

Jenis-Jenis Burung hantu
Jenis-Jenis Burung Hantu Yang Harus Kamu Ketahui

Kamu tertarik untuk memelihara burung predator? Sebelum memulai merawat burung ini, mari kita simak 6 jenis burung hantu yang banyak dipelihara oleh penghobi burung di Indonesia.

Bagi kamu yang suka menonton film horror? Yaap terkadang beberapa film horror suka menyelipkan burung predator di dalam filmnya.

Sehingga membuat kesan terhadap burung ini cukup menyeramkan. Jika amanati dengan jeli, burung predator ini terlihat menggemaskan, dan juga kemampuan kepalanya untuk memutar hingga 270 derajat.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah mulai banyak yang memelihara hingga mengarah ke budidayanya.


Jenis-Jenis Burung Hantu Dari Indonesia

Burung hantu tergolong ke dalam hewan nocturnal yang hidup di malam hari dan memakan daging.

Hewan nocturnal ini terdiri dari 222 spesies yang tersebar di berbagai dunia. Meskipun di negara selain Indonesia, hewan ini lambangkan kebijaksanaan, namun di Indonesia masih dianggap pembawa bencana, maka dinamakan burung hantu.

Meskipun begitu, tidak semua tempat di Indonesia diberikan nama-nama dengan burung predator ini seram. Misalkan saja, seperti daerah Jawa burung ini diberi nama dares atau manuk dares yang maknanya tidak ada hubungan dengan pembawa bencana atau hantu. Sedangkan di daerah Sulawesi di kenal dengan nama Manguni.

Untuk lebih mengenal jenis-jenis burung predator asal Indonesia yang banyak dipelihara atau mungkin kamu ingin memeliharanya di rumah.


Burung Hantu Tyto Alba

Burung hantu Tyto Alba atau Barn Owl Tyto Alba atau biasa dikenal dengan nama serak jawa. Burung ini memiliki ukuran yang cukup besar, sayap yang panjang dan juga ekor yang pendek.

Kaki burung serak jawa berukuran panjang dan kepala yang terlihat bulat tanpa terlihat telinganya, seperti potongan buah apel.

Secara keseluruhan burung ini berwarna pucat dan mata yang berwarna gelap.

Kamu dapat menjumpai burung ini di daerah perkebunan dan lumbung yang tidak terawatt serta popohonan yang lebat.

Apabila kamu ingin memeliharanya, makanan burung predator tyto alba adalah katak dan tikus putih.


burung hantu tyto alba
Burung Hantu Tyto Alba


Burung Hantu Serak Bukit

Serak bukit atau biasa dikenal dengan Oriental Bay Owl atau sering disebut juga wowo-wiwi oleh orang-orang Indonesia.

Wajahnya yang khas seperti ular kobra dan badan pada bagian atas berwarna coklat kemerah-merahan dengan bintik-bintik hitam dan putih.

Bagi kamu yang ingin memelihara burung oriental by owl atau serak bukit menyukai cicak, tikus putih, katak, ular, hingga serangga yang berukuran besar.


Burung Hantu Serak Bukit
Burung Hantu Serak Bukit

Burung Hantu Celepuk Merah

Burung hantu celepuk merah sering ditemukan di dataran rendah seperti daerah, Kalimantan, Jawa, dan Sumatra.

Burung ini memiliki identitas warna yang merah dengan bagian atas berwarna coklat kemerahan dengan corak garis-garis hitam putih.

Karena ini adalah burung predator maka burung ini memakan celepuk merah adalah jangkrik, cicak, burung kecil dan juga tikus putih.

Celepuk Merah
Burung Hantu Celepuk Merah


Burung Hantu Celepuk Jawa

Burung ini memiliki warna yang relative gelap dengan tubuh atas dibagian atas berwarna coklat ke abu-abuan. Pada tubuh dibagian bawah bergaris dengan coret hitam di sekitar dada serta berwarna putih di bagian perut.

Persebaran burung celepuk ini diketahui ada di pulau Jawa. Tercatat masih sering terlihat di Gn Salak, Gn Pangrango, Gn Tangguban Perahu, Gn Ceremai dan Dataran Tinggi Ijen.

Makanan utama Celepuk Jawa ( Otus Angelinae) yaitu Jangkrik, cicak, burung kecil dan tikus putih mencit.


Celepuk Jawa
Burung Hantu Celepuk Jawa


Burung Hantu Buffy Fish Owl

Burung hantu buffy fish owl atau biasa disebut dengan beluk ketupa ketupu adalah burung yang memiliki ukuran tubuh yang besar dengan panjang tubuh sekitar 40cm sampai 48cm.

Ciri-ciri burung ini adalah warnanya yang dominan coklat kekuning-kuningan. Dengan bagian atas coklat, bergaris hitam serta daerah pinggirannya yang berwarna kuning tua.

Burung jenis ini menyukai tempat dengan sumber air, dan sering terlihat di sekitar pemukiman penduduk serta di hutan mangrove dengan ketinggian terbang mencapai 1600 mdpl.

Burung buffy fish owl mengkonsumsi makanan diantaranya ikan, kadal, ular, tikus putih, kodok, dan serangga.

Buffy Fish Owl
Buffy Fish Owl

Burung Hantu Bubo Sumatranus

Burung hantu Bubo Sumatranus atau biasa disebut dengan beluk jampuk adalah burung yang terlihat paling gagah diantara burung-burung lainnya. Ukuran tubuhnya yang besar dan juga kakinya yang terlihat kekar, burung ini mampu mencapai panjang sekitar 45cm.

Identitas khas dari burung ini adalah bulunya yang berwarna abu-abu dengan bentuk telinga yang mencolok dan juga kakinya yang kekar.

Burung ini juga salah satu burung yang disebut mirip dengan elang, karena di luar negeri burung ini sering disebut sebagai barred eagle owl atau malay eagle owl. serta burung ini mengkonsumsi tikus putih, ikan, ular, dan juga burung.


Bubo Sumatranus
Bubo Sumatranus

Posting Komentar untuk "6 Jenis Burung Hantu Banyak Dipelihara Di Indonesia"