Perbedaan Galur Sprague-Dawley dan Wistar | Tikus Putih Depok

Tikus untuk kegiatan praktikum biasanya adalah tikus dengan jenis rattus norvegicus. Pada saat ini tikus dengan jenis rattus norvegicus adalah hewan yang masih digunakan untuk kegiatan medis, psikolog, pertanian, teknik, dan bidang lainnya.

Apa Itu Galur?

Galur atau biasa disebut dengan strain adalah sebuah pengelompokan anggota secara genetik. Pada tikus dapat menghasilkan keturunan melalui perkawinan. Dengan populasi yang terus meningkat dan beberapa percobaan mengenai peran dari sebuah genetika sebagai faktor. Sebaliknya, outbred strain, digunakan ketika identik genotipe tidak diperlukan atau populasi acak diperlukan, dan lebih didefinisikan sebagai leluhur pembanding strain.


Tikus Sprague Dawley

Tikus Sprague Dawley yang merupakan jenis outbred tikus albino serbaguna digunakan secara ekstensif dalam riset medis. Keuntungan utamanya adalah ketenangan dan kemudahan penanganannya. Rata-rata ukuran berat tubuh tikus Sprague Dawley adalah 10.5gr. Berat badan dewasa adalah 250gr-300gr bagi betina, dan 450gr-520gr untuk jantan. Hidup yang khas adalah 2,5-3,5 tahun. Tikus ini biasanya memiliki ekor untuk meningkatkan rasio panjang tubuh dibandingkan dengan tikus Wistar.


TIKUS PUTIH GALUR SPRAGUE-DAWLEY
Tikus Galur Sprague Dawley


Tikus Wistar


Tikus Wistar strain outbred tikus albino milik spesies Rattus norvegicus. Jenis galur ini dikembangkan di Institut Wistar pada tahun 1906 untuk digunakan dalam biologi dan penelitian medis, dan adalah terutama galur tikus pertama dikembangkan sebagai model organisme pada saat laboratorium terutama menggunakan Mus musculus (mencit), atau mencit rumah. Tikus Wistar saat ini menjadi salah satu yang strain tikus paling populer yang digunakan untuk penelitian laboratorium. Hal ini ditandai oleh kepala lebar, panjang telinga, dan memiliki ekor panjang yang selalu kurang dari panjang tubuhnya.

WA

Jangan Sampai Terlewatkan Tips Merawat Tikus

Created by Satrio Wicaksono

tikusputihdepok.blogspot.com
tikusputihdepok.blogspot.com Saya Satrio Wicaksono berharap semoga blog ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

1 komentar untuk "Perbedaan Galur Sprague-Dawley dan Wistar | Tikus Putih Depok"

hungryworm__ 2 Juli 2019 pukul 12.20 Hapus Komentar
p