Tentang Kami


Tempat Kami
Tempat yang kami gunakan untuk pengembangbiakan tikus putih yaitu tempat yang tenang dan jauh dari keramaian. tempat usaha yang kami gunakan adalah garasi rumah yang dilengkapi kipas angin dan pencahayaan 12 jam siang dan 12 jam malam untuk memenuhi standart hewan ujicoba menurut WHO. Untuk kandang tikus yang digunakan adalah bak plastik ukuran p.l.t = 30x45x20 cm. kandang ini diberi tutup kayu dan kawat strimin supaya tikus tidak kabur. kandang tikus juga dilengkapi dengan tempat minum tikus di atas kandang dan tempat makan tikus yang berada di dalam kandang.

Alas dan Pakan
Alas tikus putih yang digunakan adalah sisa gerjaji dari industri mebel. Alas tersebut berguna untuk menjaga kelembapan dan menyerap kotoran tikus putih. pakan tikus yang diberikan pada tikus diantaranya, pelet dan pur kualitas no. 1, sayuran yang didapatkan di pasar swalayan, dan sisa nasi yang didapatkan dari berbagai pengusaha catering.

Pembersihan Kandang dan Pemberian Pakan
Pembersihan kandang dilakukan 2 kali dalam seminggu, supaya meminimalisir penyakit yang timbul akibat alas kandang yang kotor. kemudian untuk pemberian pakan dilakukan setiap 2 kali sehari pada pagi hari pukul 06.00 dan sore hari pukul 17.00.

Pengendalian Penyakit dan Kehamilan
Pengendalian penyakit pada tikus putih dilakukan dengan memberikan vaksin secara berkala dan pemberantasan kutu menggunakan obat spray kutu tikus setiap 2 minggu sekali. Tikus yang sakit dipisahkan di kandang sendiri dan dilakukan perawatan dan di pantau sampai kondisinya membaik. Tikus yang hamil dipisahkan di kandang sendiri dan diberikan ekstrak kecambah dan vitamin B kompleks untuk meningkatkan jumlah anak tikus.

Pencatatan Umur dan Berat Badan

Pencatatan umur dilakukan secara berkala setiap 2 minggu pada setiap kandang. Kandang tikus akan ditandai dengan angka atau simbol untuk mengetahui umur dan berat badan tikus. Tikus putih yang telah mencapai 2-3 bulan dengan berat 150-200 gr sudah memenuhi kiteria inklusi penelitian WHO akan dipisahkan ke kandang besar untuk siap dipasarkan.



Created by Satrio Wicaksono
tikusputihdepok.blogspot.com
tikusputihdepok.blogspot.com Saya Satrio Wicaksono berharap semoga blog ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Posting Komentar untuk "Tentang Kami"